Senin, 14 Januari 2013

AMD APU (AMD FUSION)

Selagi ada waktu luang kerja, saya mau share sedikit tentang teknologi terbaru CPU buatan perusahaan AMD, yang disebut AMD FUSION APU. Processor ini keluaran terbaru di tahun 2013 dari AMD loh... Mungkin nama processor ini tenggelam dan jarang terdengar di pasaran, wajar aja karena merk Intel yang terlebih dahulu menggebu-gebu mempromosikan produknya di pasaran. Coba deh tengok kanan-kiri laptop temen-temen atau laptop kamu sendiri barangkali, kebanyakan pasti labelnya Intel Inside. hehe

Oke langsung aja kita lihat
Apa sih Apu itu? Anak Pungut? (loh..)
APU singkatan dari Accelerated Processing Unit. AMD Fusion memasukan teknologi Chipset dan VGA kedalam CPUnya sehingga kemampuan mengolah data dan kemampuan mengolah grafik disatukan menjadi APU.
Apa aja sih yang membuat teknologi baru ini diperhitungkan? Tanpa terlebih dahulu mempedulikan performanya, secara logika kita dapat menyimpulkan bahwa mengintegrasikan processor, chipset dan GPU dalam satu chip dapat memberikan tingkat efisiensi yang tinggi. Selain itu, konsumsi daya yang digunakan otomatis lebih kecil dibandingkan jika processor, chipset dan GPU berdiri sendiri-sendiri.Bahkan AMD mengklain bahwa AMD Fusion adalah Processor terbaik yang pernah ada.

Kelebihan AMD Fusion:

  • Smaller (Lebih kecil). AMD Fusion menggunakan sebuah konsep gabungan dua fungsi yang berbeda, yaitu CPU dan GPU(Graphics processing unit) dalam satu silicon die. Maksudnya, cuma sedikit space yang digunakan board sehingga memungkinkan untuk membangun form factor yang ringkas, modern dan stylish. (Ada yang nanya: Form factor itu apa sih? Form Factor adalah istilah yang merujuk pada ukuran, Konfigurasi, dan susunan komponen hadware. istilah " form factor " biasa digunakan untuk mendefinisikan ukuran dan konfigurasi motherboard atau harddisk.)
  • Smarter (Lebih Tangkas). AMD Fusion mempunyai ukuran kecil tapi bukan berarti dengan ukuran kecil kemampuannya juga kecil. Arsitektur x86(hayoloh istilah apalagi) dengan dual core processor(Chip yang punya dua inti processor) memungkinkan ia dapat memproses lebih cepat dan peningkatan kemampuan multi-tasking. Ditambah juga dengan kemampuan media management dan energy management telah tertanam dalam processor ini.
  • Faster (Lebih Cepat). AMD Fusion menawarkan kecepatan access serta hardware acceleration untuk me-render aplikasi di website dengan cepat, khususnya pada saat load image atau video.
  • Sharper (Lebih Tajam Graphicnya). AMD Fusion menyediakan peningkatan kualitas dari standar definition ke high definition video, seperti color correction, sharpness compensation, dan motion stabilization.
Sebagai tambahan lain, AMD APU juga punya kelebihan buat kamu yang suka nonton video berkualitas HD. Untuk pemrosesan gambarnya juga menarik kok. Warna real time penyesuaian kontras serta penajaman tepi bagus dan enak banget dilihat mata.

Saya ambil salah satu produk AMD APU C-50

AMD C-50 adalah APU yang dirancang untuk netbook dan bahkan tablet. APU ini memiliki 2 core yang berkecepatan 1 GHz. Jangan salah sangka. Meski hanya 1 GHz, C-50 ini memiliki sistem kerja seperti prosesor modern. C-50 menggunakan metode eksekusi out-of-order, dimana perintah dapat dikerjakan berdasarkan prioritas dan urutan yang paling tepat untuk memastikan proses berjalan secepat mungkin. Hal ini sangat berbeda dibandingkan Atom yang menggunakan metode in-order, dimana semua perintah akan dikerjakan secara berurutan, tergantung perintah mana yang lebih dahulu diberikan. Dalam kondisi multi-tasking, seharusnya C-50 mampu menawarkan kecepatan yang lebih baik. hehe

Nah buat kamu yang suka ngoprek PC, mau nunggu apa lagi? sekarang saatnya kamu meng-upgrade PCmu dengan Processor ini. Beli lagi Mainboard yang socketnya cocok buat Processor AMD Fusion ini.Kalo ngga salah Socketnya itu FM1. Eh tapi coba googling lagi aja ya. Penulis lagi males hehehe...

Oke segitu dulu penjelasan dari saya, semoga bermanfaat... :D


Diolah dari berbagai sumber

2 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...

    Core i5-4460 Box 3,2GHz Box - Haswell
    Price Rp 2.373.000

    Learn more about Core i5-4460

    Brand : Intel
    Series : Core i5
    Model : BX80646I54460
    CPU Socket Type : LGA 1150
    Tech Spec
    Core Name : Haswell
    # of Cores : Quad-Core
    Name : Core i5-4460
    Operating Frequency : 3.2GHz
    Max Turbo Frequency : 3.4GHz
    L2 Cache : 4 x 256KB
    L3 Cache : 6MB
    Manufacturing Tech : 22nm
    64-Bit Support : Yes




    Terimakasih :)

    BalasHapus